7 Kunci Sukses Membangun Bisnis Online Shop di Tahun 2018

Beberapa tahun belakangan ini, konsep bisnis online mulai menjamur di Indonesia sehingga membuat mereka yang tadinya berjualan di toko-toko fisik yang ada di Mall, pinggir jalan, ruko, dll mulai menutup toko fisiknya dan memilih membuka online shop. Bukan tanpa sebab, karena biaya yang harus dikeluarkan untuk mengurus toko fisik jauh lebih mahal ketimbang  berjualan online yang bisa dilakukan dari mana saja, termasuk dari rumah sendiri.

Konsep online shop ini lahir dari perkembangan teknologi yang semakin modern. Hampir rata-rata setiap orang saat ini memiliki smartphone/pc. Secara otomatis, kesempatan untuk mengakses internet lebih besar dan di sanalah mereka bisa memasarkan produk/jasa yang ditawarkan. Momen inilah yang ditunggu-tunggu, kesempatan terbaik yang bisa meningkatkan omset penjualan dengan modal yang seminim mungkin.

Nah, jika Anda baru akan memulai membangun bisnis online, ini beberapa kunci sukses yang harus Anda gunakan.

1. Manfaatkan Berbagai Media Sosial & Kelola dengan Baik

Media sosial seperti Facebook dan Instagram yang kini menjadi tren paling populer dari seluruh sosmed yang ada membuat Anda bisa memanfaatkannya untuk berpromosi. Buatlah akun khusus untuk berjualan & mengenalkan produk yang dijual. Ditambah dengan hadirnya Line@ sebagai salah satu aplikasi chatting + sosial media yang dibuat untuk membantu mengembangkan industri bisnis online, Anda juga wajib menggunakan Line@ ini sebagai senjata utama media sosial selain Facebook dan Instagram.

Line@ sendiri walaupun masih tergolong aplikasi yang baru diluncurkan sudah banyak digunakan oleh penggiat bisnis online karena bisa meningkatkan omset hanya dalam waktu beberapa bulan. Itulah sebabnya mengapa Line@ harus masuk perencanaan Anda. Jika Anda tertarik menggunakannya, Anda bisa memina bantuan dari Line Partner Indonesia. Dan karena memiliki medsos yang cukup banyak, cobalah untuk mengelolanya sebaik mungkin atau mungkin mempekerjakan beberaoa orang admin yang bisa meng-cover Anda.

2. Rajin Post Produk di Waktu yang Tepat

Pernahkah Anda pernah melihat orang terlalu sering post produk yang dijualnya, tapi tidak ada sedikitpun tanggapan dari followernya? Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Kemungkinan si admin tersebut tidak melakukannya di jam yang tepat atau bisa disebut dengan prime post.

Waktu yang baik untuk memasarkan produk adalah

– Pagi hari = Jam 06.00 – 08.00
– Siang hari = Jam 12.00 – 13.00
– Malam Hari = Jam 19.00 – 22.00

Semua informasi di atas diperoleh melalui survey yang mengatakan bahwa postingan yang efektif adalah postingan yang bisa dilihat ketika mereka sedang senggang sehingga frekuensi keberhasilan tertarik pada barang yang dijual akan lebih besar.

3. Gunakan Gambar & Kata-Kata yang Menarik

Sebagai makhluk visual, setiap manusia akan lebih banyak menggunakan daya imajinasi mereka untuk memvisualkan apa yang dilihat. Jika dari cover-nya saja sudah tidak menarik, jangan harap target konsumen Anda akan tertarik dengan apa yang Anda posting. Gunakanlah ide & kreativitas dalam mendesain gambar, mengambil foto dengan kualitas terbaik, serta penggunaan kata-kata yang bisa menarik pembaca untuk membeli.

4. Jangan Lupa Tambahkan Hashtag

Hashtag berguna agar postingan Anda lebih mudah ditemukan saat mencarinya menggunakan kata kunci tertentu. Tempatkan hashtag yang memang sesuai dengan apa yang Anda tawarkan dalam postingan. Bisa juga memberikan hashtag lainnya yang menurut Anda memiliki potensi untuk dicari oleh kebanyakan orang.

5. Bangun Kredibilitas & Profesionalitas

Online shop itu sangat rentan dengan tindak kejahatan. Jadi salah satu kunci suksesnya adalah bangun Kredibilitas & Profesionalitas dalam melakukan transaksi jual beli. Jika Anda sudah memiilikinya, toko online Anda akan dengan mudah mendapatkan referensi & testimonial yang baik. Dari situlah, orang-orang yang mulai percaya kepada online shop Anda.

6. Berikan Respon yang Cepat

Salah satu tingkat laku konsumen di Indonesia adalah tidak cukup sabar untuk menunggu. Dengan respon cepat yang Anda berikan, itu berarti Anda sudah satu langkah lebih dekat untuk membuatnya membeli di toko Anda. Respon yang cepat juga menandakan bahwa Anda sangat menghargai siapapun yang mengunjungi halaman media sosial Anda.

Saran: Sesibuk apapun, tetaplah membalas pesan yang diberikan. Jika terlalu lama mengabaikannya, bisa jadi kesempatan Anda akan hilang dalam sekejap.

7. Bangun Hubungan dengan Follower

Menjalin kedekatan dengan follower adalah juga hal yang penting. Anda bisa melakukan beberapa polling, survey, post sesuatu yang lucu, memberikan giveaway, hadiah point dan berbagai macam hal lainnya agar para follower merasa senang dan tetap menjadi bagian dari follower setia laman media sosial toko online Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *