Cara Agar Email Marketing Tepat Sasaran

Banyak dari Industri Start Up memilih menggunakan Email Marketing untuk menjangkau Customer Potensial mereka, mengapa?

Ya, Email Marketing merupakan cara yang efektif dalam pemasaran mengingat saat ini semua orang punya email. Hal ini dikarenakan email sudah menjadi bagian hidup yang sangat penting, dan lebih mudah mengirimkan dokument pekerjaan melalui email, baik personal ataupun perusahaan. Selain itu, dalam email kita bisa meletakan link yang nantinya akan mendukung internet marketing campaign, salah satunya adalah Search Engine Optimization melalui klik pada sebuah link yang kita sematkan dalam email.

Bagi anda yang berniat menggunakan Email Marketing sebagai salah satu bentuk marketing, berikut kami berikan saran dan tips yang bisa langsung di aplikasikan agar email anda tepat sasaran dan tidak hanya berakhir di dalam folder spam dan terlupakan.

email marketing strategy

Email Marketing Tips #1 – Berikan judul Subject email yang tidak terlalu memaksakan.

Saat sebuah email masuk kedalam inbox, mesin filter email secara otomatis akan membaca judul subject. Kadang mereka akan memilah beberapa kata yang terdapat dalam subject, jika tergolong dalam kelompok kata-kata ‘SPAM’, maka mesin email akan memasukan email tersebut dalam folder SPAM.

Dengan memberikan judul subject yang baik pula, anda tidak akan di BAN oleh orang yang menerima email. Karena mereka akan malas membaca sebuah email dengan judul-judul yang tidak relevan dari usaha yang anda lakukan.

Email Marketing Tips #2 – Jangan terlalu banyak penekanan.

Kadang dalam sebuah email marketing terdapat kata-kata penekanan yang terbaca seperti “memaksa” orang untuk membeli atau membuka link yang kita letakan. Tulis isi email secara natural, dengan seidkit bahasa pemasaran yang alami, orang-orang pasti memilih untuk membuka atau tidak jika memang informasi tersebut sesuai dengan keinginan mereka.

Bahasa yang baik dan sesuai dengan target marketing seperti usia bisa menjadi salah satu aspek untuk menentukan isi dari bodi email anda.

Bagaimana kita bisa tahu bahasa yang baik? Coba pelajari siapa penerima email anda. Mulai dari usia, hobi, hingga kebiasaan yang ia lakukan. Dengan begitu anda bisa membuat sebuah kontent email marketing yang tepat sasaran.

Email Marketing Tips #3 – Atur Jadwal yang ideal, tidak usah sering-sering.

Kesalahan besar yang sering dilakukan oleh para pemula dalam melakukan email marketing adalah dengan sering mengirimkan satu email setiap hari. Ini adalah salah satu faktor email anda akan dimasukan dalam daftar spam oleh mesin. Jadwal secara rutin 3 hari sekali atau seminggu sekali untuk memberikan update terbaru produk yang anda jual. Lagipula anda perlu jeda untuk mendengarkan apa yang pelanggan anda tanggapi perihal email sebelumnya bukan?

Dengan demikian, anda telah menangkap hati pelanggan anda dan email marketing menjadi sebuah cara yang efektif untuk menekan penjualan, promosi atau apapun tujuannya. Bukan begitu? Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *