Facebook Ads, strategi pemasaran tepat sasaran

Siapa yang tidak kenal dengan facebook? Ya sosial media dengan logo berwarna putih biru ini memang menjadi sosial media yang paling banyak penggunanya. Dikutip dari okezone.com, Facebook memiliki pengguna hingga 2 miliar di dunia dan Indonesia menjadi negara ke 4 dengan pengguna yang aktif di Facebook. Dengan data tersebut, Facebook banyak dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis untuk memperluas jaringan bisnisnya. Sosial media besutan Mark Zuckeburg ini juga memfasilitasi para pelaku bisnis untuk beriklan melalui Facebook Ads.

Facebook Ads adalah sebuah advertising platform yang dimiliki oleh Facebook.

Tugas dari Facebook Ads ini adalah menyebarkan konten iklan produk dari bisnis di seluruh timeline pengguna facebook. Menggunakan Facebook ads untuk mempromosikan konten iklan dari bisnis kita di sebut sebagai strategi pemasaran yang tepat. Hmm.. apa alasan yang membuat Facebook ads sebagai sasaran pemasaran yang tepat sasaran? Berikut ulasannya.

Facebook-Ads2

Facebook Ads Objective

Apa itu objektif? Objektif adalah goal. Dalam merencanakan sebuah campaign digital marketing untuk iklan dari produk harus memiliki sebuah goals. Apa yang ingin Anda tuju untuk bisnis Anda? Apakah ingin mendapatkan klik, pendaftaran, konversi, atau apapun yang sejenis. Campaign tanpa goal yang jelas hanya akan menyia-nyiakan biaya yang sudah Anda keluarkan untuk beriklan

Dalam Facebook ads dibagi menjadi 10 objektif yang harus di tentukan saat Anda memasang iklan. Berikut adalah 10 objektif yang disediakan oleh Facebook Ads

Brand Awareness

Pilihan untuk kategori ini diberikan oleh facebook kepada para pengiklan untuk mengetahui tingkat kepedulian, kesadaran (awareness) terhadap campaign produk yang dilakukan. Biasanya di lakukan oleh para advertising agency untuk membooster brand-brand besar supaya audience semakin aware terhadap produk yang diiklankan. Keberhasilan dari iklan ini diukur dengan matriks utama Ad recall lift.

Baca terkait Cara Agar Email Marketing Tepat Sasaran

Ad recall lift adalah angka yang menunjukkan seberapa banyak orang yang mampu mengingat kembali brand dari produk Anda. Jika semakin banyak orang yang aware dengan produk Anda, maka angka dari Ad recall lift juga semakin banyak dan meningkat. Anda bisa memilih pilihan dari objektif ini jika tujuan Anda ingin mengetahui tingkat kesadaran atau awareness orang terhadap produk Anda.

Reach

Pilihan untuk objektif ini di berikan oleh facebook untuk orang yang hanya sekedar ingin melihat jangkauan audience terhadap produknya. Keberhasilannya ini ditentukan oleh semakin tinggi angka reachnya di bandingkan budget yang telah dikeluarkan. Anda bisa menggunakan ini di saat Anda memang telah mengenal dan mengetahui audience Anda.

Traffic

Sebelum bernama traffic, objektiv ini dinamakan click to website dengan tujuan untuk mendatangkan klik sebanyak banyaknya pada website Anda. Meski demikian, optimisasi yang dilakukan Facebook ke dalam campaign dengan objective ini hanyalah optimisasi klik, yang artinya Facebook tidak memberikan bobot kualitas konversi. Facebook hanya terfokus kepada behavior klik tanpa mempertimbangkan apakah klik tersebut bernilai konversi setelah klik (post click conversion) atau tidak. Keberhasilannya dilihat dari Semakin banyak klik yang Anda dapatkan dengan harga yang murah, semakin baik iklan Anda. Patokan yang umum adalah harga klik CPC (cost per click) dan CTR (click through ratio).

Engagement

Dalam sebuah facebook, engagement menjadi goal yang paling utama. Karena pada engagement artinya audience terlibat dalam post yang dibagikan. Engagement meliputi like, comment, share, clicks. Keberhasilannya dapat dilihat dari semakin banyak angka engagement yang Anda dapatkan dan semakin murah, maka iklan Anda berhasil.

Apps Install

Seperti namanya, apps installs merupakan objektif yang digunakan untuk meningkatkan keberhasilan campaign sebuah aplikasi mobile. Syaratnya, Anda harus memiliki aplikasi yang terdaftar dulu di Facebook. Keberhasilannya dilihat dari semakin tinggi angka instalasi sebuah aplikasi, maka campaign yang di jalankan juga semakin berhasil.Anda bisa menggunakannya jika Anda ingin mengiklankan aplikasi yang di jalankan pada mobile

Video views

Terkadang kita menginginkan iklan kita tayang dalam bentuk video, untuk memberikan gambaran mengenai sebuah jasa atau tutorial tertentu dengan lebih utuh. Nah, objective ini bisa Anda gunakan untuk menjangkau audience yang siap dan bisa menerima iklan berupa video. Dalam iklan video, iklan Anda dikatakan berhasil jika harga per video views murah pada audience yang tertarget. Perhatikan angka Cost per Video Views. Jika Anda beriklan ecommerce, ingin memberikan gambaran mengenai sebuah fungsi dari produk, atau video teaser materi tertentu.

Lead Generation

Iklan ini membantu Anda untuk mendapatkan leads. Lead bisa berupa email, isian, dsb. Facebook memiliki form yang bisa Anda isi. Kelebihannya dibandingkan dengan form lead sendiri, tampilan dari Facebook Lead Generation ads bersifat native dan speedy. Cepat. Tanpa harus me-loading sebuah website lagi. Dalam iklan Lead Generation Ads, iklan Anda berhasil, jika angka efisiensi lead generation Anda tercapai. Indikator yang harus Anda perhatikan adalah angka Cost per Lead. Lead generation ini digunakan   Jika iklan Anda bertujuan menciptakan growth dan membangun list.

Website Conversion

Ini adalah objektif yang paling sering digunakan oleh ecommerce digital marketing agency, karena titik tekannya adalah profit. Facebook bisa membantu Anda mencarikan audience yang siap untuk bertransaksi dengan Anda dan membeli barang dari toko Anda.  Keberhasilan dalam objektif ini bertahap, mulai dari cost per content views, cost per add to cart, cost per initiate checkout, hingga cost per purchase. Semua tergantung funnel yang diterapkan di website.

Product Catalog or Sales

Ini jenis iklan yang menampilkan secara otomatis katalog produk toko Anda. Untuk memanfaatkan objektif ini, dibutuhkan sebuah asset baru yakni catalog untuk dibuat dalam business manager. Campaign jenis ini agak unik, karena dimaksudkan untuk melakukan proses remarketing. Kalau Anda pernah lihat di suatu waktu muncul iklan dari Tokopedia atau Bukalapak yang berisi produk yang Anda buka beberapa waktu lalu, nah kemungkinan besar iklan tersebut adalah iklan dengan menggunakan fitur ini. Sama halnya pada website conversion, keberhasilan ini dapat dilihat dari terjadinya konversi pada toko Anda.

 

Jadi, dengan 10 objektiv yang disediakan oleh Facebook Ads bisa di jadikan sebagai strategi pemasaran yang tepat pada sasaran. Karena 10 objektiv ini bekerja sesuai dengan apa yang dibutuhkan pengiklan. Misalnya pengiklan ingin meningkatkan reach atau jangkauan dari audience untuk campaignnya maka facebook Ads akan berjalan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Sehingga campaign yang dijalankan lebih fokus dan tepat pada sasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *