Local Search dan apa hubungannya dengan SEO

Beberapa waktu yang lalu, kami melakukan optimasi untuk website client. And Guest What, kami senang karena menurut analitik keyword yang kami optimasi masuk ke halaman 1 SERP,yeeeiy. Tapi ada sebuah icon yang mencurigakan kami dan sebuah tulisan bertajuk local search. Hmm, apa sih local search itu?

local-search-and-the-affecting-of-penguin-update

Local Search Sebagai senjata baru algoritma google SERP.

serp-untuk-digital-agencyJika kita membuka laman pencarian google.com/google.co.id, kita akan mendapati hasil berupa 10 judul halaman yang sesuai dengan query yang kita masukan. Ada baiknya kalian baca artikel Search Engine Result Page, apa itu? untuk tau lebih tentang SERP. Nah, kami juga sempat bahas tentang Bersiap menghadapi Update Algoritma Google di November 2016 pada artikel sebelumnya. Dan ini benar-benar terjadi, kini ruang untuk menampilkan query pada SERP tidak lagi 10, namun menjadi 7 baris, sementara 3 lainnya dialokasikan untuk Maps, adword dan jasa lain yang dikembangkan oleh google.com.

Local Search pun menjadi salah satu produk google yang muncul di halaman pertama. Lalu apa itu local search? Local Search adalah hasil pencarian berdasarkan koordinat atau lokasi kalian, misalkan kalian mencari restoran murah, maka algoritma google akan menunjukan lokasi restoran yang murah dan dekat dengan lokasi kalian berada.

Apakah hasil query ini berdampak dari aksi SEO?

Bisa ya, dan bisa tidak. Kami menganalisis contoh client kami. Saat kami mencari digital agency pada laman pencarian, sebuah website milik doxadigital.com muncul pertama pada snippet bersamaan dengan beberapa kompetitor lainnya yang berdekatan dengan lokasi saya. Padahal jika dilihat pada urutan SERP, website tersebut berada di urutan ke 4 (jika kita hitung setelah snippet local search).

Apakah ini buruk bagi kita para SEO ranger? Jawabannya bisa ya atau tidak, tergantung kontrak yang kita ajukan dengan Client. Jika klient kurang paham dengan SEO, hal ini tidak masalah bahkan cenderung senang. Secara gamblang website mereka berada di tempat yang unik dan eye catchy. Namun bagi para client yang paham dengan SEO, ini bisa jadi masalah yang cukup serius.

Apakah ada cara agar website kita masuk kedalam local search?

Untuk menampilkan website anda di local search, tergantung optimasi yang anda lakukan (baca empat langkah mudah on page optimatization), lalu mendaftarkan alamat anda di google maps (pin point), minta ulasan kepada local guides terhadap tempat anda, dan unggah foto-foto atau video yang bisa mendukung lokasi anda. Dan yang terakhir, rate location.

Kesemuanya bisa dilakukan dengan sederhana namun sedikit tricky. Selama anda mengikuti updatenya, kami jamin tidak akan ada masalah dengan perkembangan terbaru google algoritma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *