Tips Mengolah Palet Kayu Sebelum Jadi Furniture

Simak cara terbaik mengolah palet kayu sebelum jadi furniture cantik

Palet kayu beberapa waktu terakhir ini menjadi trending di kalangan para perombak dan pengrajin furniture. Sebab bahan yang biasanya hanya berakhir menjadi tumpukan di gudang pabrik ini mampu di sulap menjadi beragam furniture cantik, futuristik dan yang pasti murah meriah. Dari sebuah palet berukuran 110 x 150cm bisa dibentuk menjadi satu set meja atau kursi yang sering kita lihat di rumah makan dengan konsep kekinian.

cara-mengolah-palet-kayu

Pemilihan bahan baku palet kayu ini bersumber dari kayu yang digunakan dan proses yang dilakukan saat pembuatan palet ini cukup baik, sehingga memberikan karakter sebuah kayu yang lurus dan kuat. Karena itu lah proses membuat kayu palet menjadi furniture cantik kadang tidak mudah. Ada beberapa hal yang harus di persiapkan oleh sang tukang kayu sebelum akhirnya menjadi sebuah furniture cantik, berikut kami buatkan catatan bagaimana cara mengolahnya.

Kunjungi Distributor Palet untuk Industri di Indonesia

Melepas Paku Dari Palet

Tentu permasalahan terbesar pertama yang dihadapi para tukang kayu saat mengolah palet kayu adalah melepas paku yang melekatkan satu sama lain. Tidak tanggung-tanggung, sebuah palet kayu akan di tancapkan paku sepanjang 7cm.

Dari pada harus melepas paku menggunakan linggis atau alat pengungkit lain, mengapa tidak potong langsung saja? Cara ini lebih efisien saat kita berhadapan dengan kayu olahan. Walau hasilnya kayu menjadi lebih pendek, tapi kita bisa mengolahnya secara maksimal tanpa harus ada lubang yang di tambal nantinya.

Memilah Kayu Yang Cacat

Walau sudah di proses sedemikian rupa, bukan berarti palet kayu bebas dari cacat. Cacat yang paling sering di temukan adalah coakan pada beberapa area, terutama bagian yang dekat dengan ring kayu. Bagian ini biasanya lepas bersamaan saat pre treatment sebelum akhinrya menjad sebuah balok kayu.

Pilah dengan baik area yang bisa dimanfaatkan agar palet kayu bisa dibentuk secara maksimal.

Menghaluskan Area dan menambal dengan dempul

Setelah memilah area yang tidak cacat, kadang masih ada saja guratan kayu yang bisa membuat hasil furniture tampak tidak bagus. Maka dari itu proses penambalan dengan dempul perlu di lakukan. Gunakan dempul kayu yang biasa di pakai oleh para pengrajin kayu atau gunakan lem putih dan campurkan dengan serbuk kayu untuk menambal area yang tampak rusak.

Lalu gunakan amplas untuk menghaluskan area yang sudah di dempul tadi setelah dempul kering tentu saja.

Langkah proses di awal merupakan kunci mendapatkan bentuk furniture yang sesuai dengan harapan. Oleh sebab itu, olah dengan seksama setiap bagian kayu yang hendak anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mengolah palet kayu untuk di jadikan furniture impian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *