Trend Strategi Digital Marketing 2019

Dipenghujung tahun 2018 sejumlah website ternama di luar negeri merilis pridiksi trend digital marketing 2019. Apa saja yang harus diperhatikan dalam pemasaran online di tahun 2019 ini.
Secara spesifik tidak terlalu banyak perubahan stregi 2019 dengan sebelumnya, hanya diperlukan mengeksplore trend baru untuk menjadikan peluang baru ditengah derasnya tingkat persaingan marketing online saat ini.
Untuk lebih jelasnya berikut ini dijelaskan strategi digital marketing 2019

Inbound Marketing (SEO)

Strategi inbound marketing merupakan teknik pemasaran yang populer belakangan ini yang dikenal dengan SEO (Search Engine Optimization). Pemasaran inbound mengupayakan agar dapat ditemukan konsumen maupun calon konsumen.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menarik minat audiens lewat produk yang kamu tawarkan, yang terpenting jangan sampai strategi yang kamu buat justru dianggap mengganggu dengan konten atau iklan yang kamu promosikan. Bila kamu berhasil, strategi dapat membantu mempromosikan usaha anda dalam jangka panjang dan berkelanjutan.

Seperti dijelaskan diatas banyak cara yang dapat dilakukan agar produk atau merk perusahaan anda dapat ditemukan konsumen atau calon konsumen diantaranya fokus pada pembuat konten yang dapat menarik minat terhadap perusahaan dan produk yang kamu jual.

Berbeda dengan strategi outbound marketing , kita mencari atau menjangkau calon konsumen keluar, misalnya melaukan promosi pada ruang iklan, membeli contact list email, atau melaukan kontak langsung dengan cara menelpon konsumen semberi menawarkan produk maupun untuk kerjasama.
Menurut laporan State of Inbound 2018 HubSpot mengatakan, 55% pemasaran konten blog adalah prioritas utama pemasaran inbound mereka pada tahun 2018. ini tidak banyak berubah di tahun 2019. Pemasaran ini dapat dilakukakn dengan cara melakukan aktivasi blogging, membuat konten, artikel, infografik, vidoe, aktivasi sosial media, setting landing page, email marketing dll.

Pemasaran Lewat Video

Pemasaran online lewat video di tahun 2018 hingga saat ini terus tumbuh. konten berupa video cendrung lebih disukai pengunjung, selain lebih simple tidak perlu membaca teks secara teliti, konten vidoe dianggap lebih profesional dan lebih inovatif dibandingkan yang hanyak menyediakan konten teks.

Pemasaran Melalui Chatbot

Chatbots adalah bot yang dapat melakukan percakapan dengan pelanggan. Chatbots Facebook adalah yang paling populer. Chatbot menggunakan platform Facebook Messenger untuk menerima umpan balik dari pelanggan, menyampaikan informasi penting, dan memandu pengguna cara pembelian produk, dll.

Facebook Messenger memiliki lebih dari 2 miliar pengguna pada tahun 2018 dan platform ini sangat kurang dimanfaatkan berdasarkan jangkauannya. Bahkan dengan Facebook yang mengesahkan penggunaan Facebook Messenger untuk bisnis (dan meluncurkan seluruh platform untuk mengelola interaksi tersebut) perusahaan masih melihat chatbots sebagai semacam tontonan.

Itu akan berubah pada 2019, karena meningkatnya kesadaran dari 2018 mulai mengalir ke aplikasi dunia nyata yang akan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Marketing Automation (Otomasi Pemasaran)

Otomatisasi pemasaran adalah istilah yang digunakan sistem pemasaran manual dan berulang-ulang dengan sistem yang otomatis, seperti pemasaran dalam email.

Melalui pemasaran otomasi, dimungkinkan dapat memelihara dan meningkatkan prospek penjualan melalui konten yang dipersonalisasi dan dirancang untuk menjadi pelanggan melalui iklan dan membina iklan yang membantuk membidik prospek mengenai produk yang kamu tawarkan.

Melalui pesan yang telah dipersonalisasi akan lebih mudah mengirim pesan yang ditargetkan secara pribadi ke prospek anda (tanpa menghiraukan berapa jumlahnya) secara tepat waktu, memperkuat keterlibatan.

Fitur yang dapat dimanfaatkan melalu MA

  • Manajemen promosi, pesan yang secara otomatis dan relevan dikirim berdasarkan prilaku konsumen
  • Pembuatan konten- Fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membuat konten baru yang disesuaikan dengan audiens
  • Pemasaran email – dipicu secara otomatis dan dalam batch
  • Formulir – dibangun dalam formulir pendaftaran yang terhubung ke database and
  • Halaman landas
  • Lead Management / Scoring
  • Jejaring media sosial
  • Analityc
  • dll

Strategi dalam MA

Adapun langkah langkah yang harus dilakukan untuk melakukan strategi Marketing Automation
Tentukan Garis besar arah dan tujua
Petakan journey pelanggan
Tentukan segmen pasar
Penilaian konten
Petakan isi pesan ke segmen yang lebih spesifik

Sekian ulasan singkat dari Doxadigital sebagai salah satu top digital agency indonesia. Nantikan ulasan lainnya seputar dunia online marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *