Search Engine Result Page, apa itu?

Dalam istilah Search Engine Optimization, kita akan familiar dengan istilah SERP atau Search Engine Result Page, SERP merupakan sebuah laman yang dibuat oleh sebuah mesin pencari seperti Google, Yahoo dan website pencarian lain untuk menampilkan hasil pencarian sebuah query dalam bentuk halaman yang jumlahnya tak terbatas.

Search Engine Result Page dirancang menggunakan bahasa pemrograman sederhana, namun unik untuk tiap enginenya.

Di prakarsai pertama kali oleh archie search engine, hasil desertasi Alan Emtage dan dilanjutkan oleh Bill Heelan saat keduanya melakukan studi di McGill University, Monteal. Archie disadari merupakan bentuk Search Engine pertama karena kemampuannya untuk mencari file yang ada di FTP kemudian mengindexnya. Dan orang-orang yang ingin mencari file tersebut tinggal mengetikan nama file yang terdapat dalam FTP folder.

archie-si-search-engine-pertama

Dikarenakan keterbatasan space yang disediakan pihak kampus, membuat archie memiliki keterbatasan dalam melakukan indexing file dan FTP yang terdaftar saja. Search Engine ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1990. Semua hasil indexing ini dilakukan oleh Robot Exclusion Standard/Web Robot yang diciptakan oleh Martijn Kojer, bertugas mendata website mana yang bisa dan tidak bisa dideteksi oleh seorang webmaster. ( baca sejarah lengkap search engine )

Setiap tahun terus terdapat pembaharuan terhadap bagaimana cara Robot mendata sebuah halaman/file, hingga pada tahun 1998 google.com muncul dengan teknologi web crawler yang lebih canggih yaitu membaca front end pada sebuah halaman. Pengkategorian website bahkan disempurnakan dengan kesesuaian terhadap minat terbanyak (backlink) dan reputasi sebuah website (rank).

Website yang muncul di halaman SERP tidak serta merta muncul, karena semua dikumpulkan berdasarkan data-data yang ranking sebuah website akibat sering atau tidaknya sebuah website dibuka / dikunjungi oleh orang (popularitas). Pengumpulan data ini juga berdasarkan keunikan kontent atau isi sebuah website, sehingga jika dalam dunia maya terdapat 4 atau 5 website dengan kategori yang sama, semua akan dimunculkan berdassarkan keunikan dan popularitas isi (kontent).

Keuntungan dari Search Engine Result Page bagi personal atau Product Branding adalah meningkatnya penjualan/popularitas di dunia maya yang berujung profit.

Data menyebutkan bahwa orang-orang hanya menarik minat untuk informasi yang diampilkan pertama kali (page one), sehingga hal ini memicu pemilik web untuk menampilkan halaman webnya di Page One SERP. Yang berakibat munculnya teknik-teknik untuk membuat sebuah website berada di halaman pertama SERP dan dikenal sebagai Search Engine Optimization.

Optimasi ini banyak bentuk dan caranya, dan hal ini dikuasai oleh para ahli, namun kami telah merangkumnya menjadi empat langkah seo bagi pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *