Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Pengembangan SDM

Untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas sebuah organisasi/perusahaan, dibutuhkan dukungan sumber daya yang kompeten dan terus memperbaharui kemampuannya lebih baik dari tahun ke tahun. Dengan didukung oleh kualitas sumber daya yang terbaik, organisasi tersebut bisa berkembang menjadi lebih besar.

Aset penting dalam sebuah Organisasi/Perusahaan selain berupa fisik, adalah Sumber Daya Manusia. Walau terdapat alat yang sudah di gerakan oleh teknologi robot sekalipun, butuh Manusia yang berperan sebagai assessor, penilai atau verifikasi tahap akhir untuk memastikan produk (jika perusahaan tersebut memproduksi sesuatu). Dan agar bisa terus memiliki kualitas yang terbaik, pengembangan SDM mutlak dilakukan.

Apa itu Pengembangan SDM

Pengembangan SDM adalah segala daya dan usaha yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau organisasi untuk mengembangkan kemampuan orang-orang yang ada didalamnya. Pengembangan yang dilakukan bisa berupa kursus pelatihan yang diselenggarakan secara rutin oleh lembaga dalam organisasi atau perusahaan itu sendiri (contohnya oleh divisi Human Resource) atau menggunakan pihak lain.

Pengembangan SDM dengan Kursus Pengembangan SDM

Diharapkan dengan melakukan pengembangan SDM, mampu mengembangkan dan mengeluarkan potensi terbaik yang masih tersembunyi dari seorang karyawan. Dengan persaingan yang kian ketat, tentu menjadi sebuah tantangan besar bagi perusahaan agar bisa memenangkan persaingan melawan kompetitor yang juga memiliki sumber daya manusia yang berbeda-beda.

Strategi Pengembangan SDM yang sering di gunakan oleh HR Perusahaan terkemuka dunia

Selain melalui metode pemberian kursus, terdapat banyak metode untuk mengembangan sumber daya manusia yang efektif. Kita bisa mencontoh strategi pengembangan SDM yang dilakukan oleh HR Perusahaan besar, dan menerapkannya ke dalam organisasi atau perusahaan kita sendiri agar bisa mengikuti langkah perusahaan tersebut, yang bertumbuh dan berkembang.

Dari sekian banyak strategi yang digunakan, kami telah merangkum beberapa diantaranya.

1. Melalui pelatihan berdasar divisi

Pelatihan yang tepat sasaran terhadap keahlian sebuah divisi bisa membantu mengembangkan SDM sesuai dengan minat dan kemampuan. Dengan melakukan pelatihan per bagian, mendukung pembentukan team work yang solid dan konsisten.

2. Pendidikan berkelanjutan

Pengembangan SDM melalui pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja secara formal, individu yang memiliki pendidikan lebih tinggi memiliki kesempatan untuk karir yang lebih baik dalam sebuah perusahaan. Regenerasi yang sehat dan berkualitas mendukung pengembangan perusahaan ke arah yang lebih baik.

3. Pembinaan secara teratur

Pembinaan yang teratur mampu membuat sebuah ekosistem yang saling berikatan antara satu orang dengan orang lain dalam sebuah perusahaan. Manusia sebagai sub sistem organisasi bisa dibina melalui program-program perencana dan penilaian, seperti man power planning, performance apparaisal, job analytic, job classification dan lain-lain.

4. Recruitment berdasar standar

Mencari karyawan dengan kualifikasi yang memadai sesuai dengan SOP dan standar yang sudah di tentukan, menjadi salah satu strategi penting dalam pembentukan karakter sumber daya yang berkualitas. Dengan standar yang sudah di tentukan pula, tidak sulit untuk memetakan terkait pengembangan SDM yang akan direncanakan.

5. Melalui Perubahan sistem yang konsisten

Pola persaingan akan selalu berubah seiring berkembangnya zaman, oleh sebab itu perubahan sistem dan tata cara sebuah organisasi bekerja juga mutlak perlu dilakukan sebagai bagian perputaran roda. Perubahan bisa dimulai dengan melakukan evaluasi total terhadap setiap kebijakan yang dilakukan dan efek yang diberikan terhadap kemajuan atau kemunduran capaian sebuah perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *